Rabu, 23 Mei 2012

Membuat bunga dan Lilin Aromaterapi


Ruangan akan tampak cantik jika penataan ruangnya pas dan menarik. Tapi akan lebih indah lagi kalau dalam ruangan tersebut terdapat hiasan yang unik dan berbeda. Kira-kira hiasan apa yang bisa menciptakan suasana semakin hangat dan relaks ? Kamu bisa membuat buga atau lilin aromaterapi. Pembuatannya gampang dan nggak rumit kok. Jangan takut soal budget. Hanya dengan Rp 10 ribu, kamu sudah bisa membuat bunga aromaterapi sendiri. Mau tahu gimana cara membuatnya.
Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Ekky Puji Lestari, pemilik Griya Lilin yang beralamat di Baturono, Joyosuran, Pasar Kliwon, Surakarta.
1.       Siapkan satu batang sabun mandi, pilih yang aromanya wangi jangan pilih sabun kesehatan. Parut sabun agar menjadi parutan lembut.
2.       Setelah itu beri air panas biar jadi cair. Tambahkan seperempat kilogram tepung sagu. Jika tidak ada pakai tepung maizena pun oke.
3.       Untuk warna bunga kamu bisa tambahkan pewarna makanan sesuai waran keinginanmu.
4.       Biar tambah wangi dan baunya tahan lama tambahkan bibit minyak wangi secukupnya. Aromanya sesuai selera.
5.       Aduk cairan sabun dan tepung sampai kalis (seperti adonan donat ).
6.       Setelah adonan beres, ambil sedikit demi sedikit dan buat bulatan lalu pipihkan untuk ditempel di batang lidi.
7.       Bentuknya, terserah kamu. Biasanya model mawar lebih mudah. Lakukan langkah kelima berulang-ulang sampai bunga yang dibutuhkan mencukupi.
8.       Kalau sudah selesai membuat bunga di atas tangkai, lilitkan kertas krip wara warni pada lidi agar terlihat cantik dan rapi.
9.       Kemudian rangkai bunga di dalam pot yang sudah tersedia.
10.   Jumlah bunga yang lebih banyak membuat wangi ruangan lebih tahan lama. Bunga ini tahan sampai enam bulan.
Cara membuat lilin aromaterapi :
1.       Cairkan paraffin dan beri sterik. Saat mencairkan tambahkan pewangi atau bibit minyak wangi.
2.       Siapkan pewarna yang terbuat dari cat minyak yang dipanaskan di atas kompor. Siapkan beberapa warna agar warna lilin lebih cantik.
3.       Betuk cairan paraffin tadi sesuai selera. Saat membuat pola, jangan lupa berikan sumbu pada lilin. Lalu celupkan lilin pada warna-warna yang sudah disiapkan. Kalau mau warna lilin bergradasi, celupkan pada dua sampai tiga warna.
4.       Pembuatan lilin aromaterapi ini memang lebih sulit dan biaya yag lebih banyak daripada embuat bunga sabun. Kamu juga harus hati-hati lho, karena saat proses pembuatannya kamu berdekatan dengan kompor dan cat minyak yang panas.
Selamat mencoba, ya ! (uty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar